PENDIDIKAN adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara

Selasa, 20 November 2012

Tidak Ada Kata Terlambat Kepala Sekolah Belajar TIK


Perkembangan informasi dan teknologi tak dapat dibendung lagi. Kemajuan teknologi digital telah merambah ke seantero dunia khusunya internet dengan segala dampak positif dan negatifnya. Sejalan dengan itu maka dunia pendidikan pun mau tak mau harus mengikuti sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan pembelajaran, khususnya dalam aspek edukasi di satuan pendidikan.

Dengan kemajuan ICT atau TIK, guru dalam menyampaikan pelajaran dapat dengan mudah memvisualisasikan apa yang sedang dibahas. Pada tingkat yang sederhana, misalnya penggunaan aplikasi power poin, CD, infokus, dan lain-lain. Semua yang berhubungan dengan dunia digital menuntut para guru untuk tidak gaptek (gagap teknologi). Sebab syarat agar guru terampil menggunakan alat/ media yang dijalankan menggunakan computer, adalah guru bisa computer. Sementara ini guru masih punya penyakit TBC (Tidak Bisa Computer).

Menyadari hal itu, Alhamdulillah, di Kecamatan Curug Kota Serang Banten, para kepala sekolah kini mengikuti kursus komputer program dasar (aplikasi perkantoran) hasil kerja sama antara UPT Pendidikan dengan perusahaan “X” (lembaga kursus, namanya lupa, karena saat artikel ini ditulis, saya tidak pegang brosurnya, sementara sifat saya kalau sudah ingin menulis, langsung saya tulis apa adanya yang penting jadi tulisan, itung-itung belajar nulis, hehehe…) selama 2 bulan.

Memang, tidak semua kepala sekolah ikut program tersebut dengan masing-masing alasan. Tak masalah kalau alasannya karena ia sudah bisa komputer, namun sangat disayangkan ada juga yang sama sekali belum bisa namun mengutus salah satu staf pengajarnya.

Tentunya kita semua berharap bahwa ke depan para guru dan kepala sekolah tidak lagi gaptek atau TBC. Sebab tuntutan akan penguasaan dan pemanfaatan media dengan kecanggihan TIK ke depan akan lebih diperlukan oleh profesi guru. So, tidak ada kata terlambat untuk belajar ! Salam semangat buat para Ibu dan Bapak Kepala Sekolah sekecamatan Curug ! Anda telah membina diri sendiri untuk dapat membina bawahanya dengan ilmunya. Begitu juga bagi kepala sekolah yang mengutus bawahannya, Anda telah membina bawahannya dengan petunjuk dan dorongannya.

Semoga ke depan para guru siap melaksanakan pembelajaran berbasis ICT dan sistim virtual. Tentang apakah pembelajaran system virtual ini dapat And baca di : SINI

Semoga bermanfaat.
Baca Juga Artikel Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terims kasih atas kunjungan Anda. Silahkan tinggalkan komentar untuk postingan ini, tapi jangan nyepam ya !