PENDIDIKAN adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara

Rabu, 19 September 2012

Manfaat Perpustakaan Sekolah


Gedung Perpustakaan SDN Cipete 3 yang baru
Admin mulai duduk di bangku SD kelas 1 pada tahun 1978 dan lulus tahun1984. Masih segar dalam ingatan admin bahwa waktu itu hampir tiap hari admin meminjam buku-buku cerita anak-anak, dongeng, kisah-kisah orang baik, dan lain sebagainya di perpustakaan sekolah. Admin akui bahwa semangat belajar dan bakti pada ibuku juga karena dipengaruhi oleh kisah-kisah baik yang admin baca ketika SD. Buku-buku yang say abaca waktu itu sangat mempengaruhi dan mengilhami admin untuk menjadi pelajar yang baik dan rajin hingga SMA. Begitu kuatnya pengaruh membaca yang didapat dari perpustakaan, membuat admin rajin membaca hingga sekarang. Jadi menurut admin, perpustakaan sangat penting ada di setiap sekolahan.

Namun eksistensi perpustakaan di SD agaknya masih dipandang sebelah mata oleh pemerintah. Buktinya, sampai admin kini menjadi guru (gini-gini guru lho, hehe…), perpustakaan sekolah belum pernah secara khusus dibangun di tingkat SD. Dari dulu perpustakaan di SD selalu bergabung di ruang guru yang sempit. Admin juga masih ingat betul, perpustakaan tempat admin sekolah dulu menyatu dengan ruang guru, namun dengan kerajinannya Pak Wika Dimara selaku pengelola perpustakaan, perpustakaan tersebut buku-bukunya tertata dengan rapi dan tetap menerapkan administrasi perpustakaan dengan cukup baik.

Alhamdulillah, sekarang walaupun masih secara bertahap, gedung perpustakaan mulai banyak dibangun di SD-SD khususnya di Kota Serang. Bahkan lengkap berikut segala fasilitasnya. Dan Alhamdulillah juga SDN Cipete 3 termasuk SD yang sudah kebagian program ini dan baru selesai dibangun pada bulan September 2012.

Apa sih, pengertian perpustakaan dan manfaatnya?
Terus terang admin punya kumpulan makalah tentang perpustakaan hasil oleh-oleh Diklat tingkat nasional di TMII. Namun berhubung admin sedang dilanda rasa malas untuk ngetiknya, maka ulasan tentang pertanyaan di atas saya copas saja dari tulisan Anne Ahira. Toh, isinya sama alias tidak ada yang beda dengan admin punya. Berikut ulasannya.

Pengertian perpustakaan sekolah secara umum adalah sebuah tempat yang menyediakan koleksi literatur yang berguna bagi pendidikan di sekolah. Keberadaannya pun menyatu dengan lingkungan sekolah, serta hanya bisa diakses oleh civitas akademika sekolah yang bersangkutan.
Dari pengertian perpustakaan sekolah tersebut, menunjukkan bahwa perpustakaan sekolah adalah sebuah tempat eksklusif yang tidak memungkinkan orang di luar sekolah untuk mengaksesnya. Dalam arti, orang di luar sekolahan tidak memiliki hak untuk menikmati koleksi perpustakaan serta meminjam koleksi yang ada tersebut bagi kepentingan pribadinya.
Adanya pengertian perpustakaan sekolah yang demikian eksklusif tersebut, bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para guru dan siswa untuk menikmati koleksi perpustakaan. Di samping itu, hal tersebut untuk memudahkan administrasi dan pencatatan transaksi peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan.
Perpustakaan sekolah adalah salah satu bagian kelengkapan yang harus ada di setiap lembaga pendidikan formal di berbagai tingkatan. Karena perpustakaan dianggap sebagai guru kedua, setelah guru yang ada di sekolah tersebut. Hal ini disebabkan perpustakaan adalah sebuah tempat di mana di dalamnya terdapat banyak ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi siswa untuk diketahui.
Manfaat Perpustakaan Sekolah
Adanya kehadiran perpustakaan di sekolah beserta koleksinya diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Khususnya melalui penambahan pengetahuan bagi guru dan siswa yang ada di sekolah tersebut. Beberapa manfaat dari keberadaan perpustakaan sekolah adalah :
  1. Merangsang minat membaca baik pada guru dan siswa. Karena membaca adalah sumber pengetahuan yang paling besar. Dari membaca, seseorang bisa mendapatkan informasi yang barangkali belum pernah dilihat atau didengarnya secara lengkap dan akurat.
  2. Sumber literatur yang paling dekat. Koleksi buku di perpustakaan adalah salah satu sumber bagi guru dan siswa untuk memperoleh literatur yang sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari.
  3. Perpustakaan sebagai pusat informasi. Untuk mendapatkan informasi terkini, salah satu tempat di sekolah yang bisa dituju adalah perpustakaan. Dalam perpustakaan biasanya dilengkapi dengan media massa yang terbit setiap hari sebagai media penyampai berita teraktual. 
  4. Sumber pembelajaran menulis. Membaca koleksi perpustakaan, bisa menjadi bahan referensi apabila hendak menulis sebuah karya ilmiah, baik itu yang termasuk karya ilmiah murni atau juga karya ilmiah populer. Penulisan sebuah karya ilmiah memang harus didasarkan pada sumber literatur yang sudah ada sebelumnya. Perpustakaan bisa dijadikan rujukan untuk mencari literatur yang dibutuhkan.
Demikian, semoga bermanfaat.
Baca Juga Artikel Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terims kasih atas kunjungan Anda. Silahkan tinggalkan komentar untuk postingan ini, tapi jangan nyepam ya !