PENDIDIKAN adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara

Minggu, 21 Oktober 2012

Hati-Hati Guru Agama Islam dalam Membuat Soal Tes dengan Tulisan Arab Hasil Cara Copy Paste



Hari pertama tes tengah semester 1 SD tahun pelajaran 2012/2013 jam pertama adalah mata pelajaran agama. Ketika ujian selesai, guru agama di sekolah kami bertanya kepada Penulis perihal tulisan Arab pada soal tes yang acak-acakan alias setiap penggalan ayat  letak kata-katanya tidak sesuai dengan ayat yang sebenarnya. Misalnya, lafadz kulhuallahu ahad menjadi ahad kulhuallah.
Saya terus terang tercengang dengan kejadian ini sebab setelah Penulis cek, ternyata semua soal agama dari kelas 1 sampai kelas 6 sama seperti itu.
Jangan ditanyalah, sudah pasti semua siswa merasa kesulitan dan bingung. Sedangkan sebelumnya guru agama yang bertanya kepada Penulis tadi menyangka bahwa kejadian itu disengaja oleh pembuat soal. Oleh karena itu pertanyaan dia adalah : “Pak, apakah menurut Bapak tulisan Arab ini sengaja atau bukan, ko, acak-acakan ?” Spontan saya jawab : “Masya Allah, ini bukan sengaja Bu, tapi ini hasil copas (copy paste) dari teks lain. Tulisan Arab itu jika dikopi paste akan berubah acak-acakan seperti ini !”
Kejadian di atas sungguh sangat merugikan para testi (siswa) karena membingungkan dan tak terbaca dengan jelas. Sangat menyulitkan. Hal ini terjadi akibat si pembuat soal (pengetik soal) tidak pengalaman mengenai bagaimana jika tulisan Arab itu dicopas. Ini sebenarnya agak memalukan karena mencerminkan si penulis soal tidak pernah sedikitpun mengedit apa yang sudah ditulisnya. Jika sekali saja si penulis soal membaca ulang, mustahil kekeliruan itu tak diketahui.
Sebagai pengalaman yang berharga, Penulis ingin share kepada para guru agama bahwa pada umumnya tulisan Arab jika dicopas akan berubah posisi kata-katanya menjadi acak. Penulis sendiri tidak begitu paham mengapa seperti itu. Tapi menurut pengalaman Penulis memang demikian kejadiannya. Penulis sering mengcopy tulisan Arab baik untuk posting di blog maupun untuk keperluan lain, hasilnya selalu ngacak, walaupun kadang-kadang tidak. Jika kita mengcopy dari website lalu dipaste ke postingan blog blogspot, hasilnya selalu ngacak. Demikian juga apabila mencopy dari tulisan di website atau soal di komputer dalam bentuk word, jika dipaste hasilnya acak. Namun berbeda dengan blog wordpress. Menurut pengalaman Penulis, mngcopas tulisan Arab dari tulisan di website atau file komputer untuk diposting ke blog wordpress hasilnya tetap normal.
Bagaimana cara mensiasatinya? Tentu saja yang pertama kita harus mengedit ulang dan ini sangat lama dan agak repot, dan Penulis yakin hampir semua orang pasti enggan melakukannya. Dan yang kedua, tentunya dengan menggunakan komputer yang diseting arabicnya. Silahkan buka dan pelajari di http://artikelkomputerku.blogspot.com/2011/02/cara-install-font-arab-dan-setting.html.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.
Baca Juga Artikel Lainnya :
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. yupz betul sekali....sepertinya dipercetakannya tidak ada tukang editnya pak.....hehee

    BalasHapus

Terims kasih atas kunjungan Anda. Silahkan tinggalkan komentar untuk postingan ini, tapi jangan nyepam ya !