PENDIDIKAN adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara

Jumat, 07 Desember 2012

Lepas Sambut Bapak H. Rohim dan Ibu Sunariah dan Selamatan Gedung Perpustakaan


Kebiajakan Kepala UPT Dinas Pendidikan 3 tahun yang lalu (2009) telah memindahkan sekian banyak guru di lingkungan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Curug.
Banyak guru yang dirotasi pindah tempat bekerja, contohnya Guru SDN Cipete 3 Johari, S.Pd. pindah ke SDN Cipete 2 dan dari SDN Cipete 2 H. Rohim, S.Pd. pindah ke SDN Cipete 3 (barter). Pemutasian tersebut didasarkan SK Nota Tugas dari Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Curug Kota Serang Hj. Leni Nuraeni, S.Pd., M.Pd.

Sunariah, S.Pd.
Nota Tugas Kepala UPT tersebut tidak ada dasar hukumnya, sehingga hal ini dinyatakan illegal atau tidak mempunyai mekanisme yang resmi. Konsekwensinya adalah pegawai (guru) tetap tidak dapat mengurus kepegawaiannya sesuai tempat kerjanya yang baru.

Namun aneh, walau hanya tinggal menyuruh kembali ke SD semula saja kepada masing-masing guru, hal tersebut berlarut-larut sampai 3 tahun lamanya. Guru yang terkena mutasi tidak serta merta mau pindah kembali ke SD semula, namun diurus secara devinitif juga tidak oleh pihak UPT, dengan alasan sulit. Ya, memang sulit, karena mutasi tempat kerja selalu dikenakan biaya sampai mencapai jutaan rupiah dari kocek sendiri (pegawai yang bersangkutan). Guru tidak mau pindah kembali, sebenarnya karena tidak ada treatment yang tegas saja dari Kepala UPT selama 4 kali pergantian Kepala UPTD Pendidikan Kec. Curug.

H. Rohim, S.Pd.
Baru pada kepemimpinan Pak Safuri, S.Pd., M.Si. hal tersebut segera dapat ditangani. Belum sebulan bertugas Pak Safuri berbicara kepada Ketua PGRI Cabang Curug, mencari solusi yang terbaik dalam arti teknis menyampaikan kepada guru-guru yang bersangkutan. Sebab, tentang teknis pemindahan kembali ke tempat awal, sebenarnya sudah ada perintah dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang, Bapak Urip Henus. Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang sebelumnya mendapat pengaduan dari Ketua PGRI Cabang Curug, agar segera mengeluarkan instruksi sebagai dasar kebijakan untuk Kepala UPT. Maka, baru pada tahun 2012 ini semua guru tadi dipindahkan kembali ke tempat tugas awal atas surat perintah dari Kepala UPT.

Sebagai bentuk rasa “kadeudeuh” dari keluarga besar SDN Cipete 3, maka pada hari Kamis, tanggal 6 Desember 2012 diadakan acara perpisahan dengan Bapak H. Rohim, S.Pd. dan Ibu Sunariah. Ibu Sunariah pindah tugas dari SDN Cipete 3 ke SDN di wilayah Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. Acara perpisahan ini diisi dengan acara saling meminta maaf dan terima kasih, serta pemberian sekedar kado dari Keluarga Besar SDN Cipete 3.

Perpustakaan
Oh, ya, acara perpisahan dilaksanakan setelah beres acara selamatan gedung perpustakaan SDN Cipete 3. Gedung Perpustakaan “diselameti” dengan acara do’a dan makan-makan. Memotong kambing dan memasak di sekolah. Acara ini dihadiri oleh seluruh guru SDN Cipete 3, Guru-guru SDN Cipete 1, Kepala UPT dan staf, serta 2 orang mantan tukang yang  pernah bekerja membangun gedung ini. Sayangnya, kegiatan ini tidak diabadikan melalui gambar/foto karena admin lupa membawa kamera ke sekolah.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terims kasih atas kunjungan Anda. Silahkan tinggalkan komentar untuk postingan ini, tapi jangan nyepam ya !